Thursday, 29 June 2017

Ternyata Faktor Gen Turut Berperan dalam Gangguan Insomnia

Faktor Gen Turut Berperan dalam Gangguan Insomnia banyak sekali orang berpikir bahwa insomnia disebabkan oleh masalah psikologis. Namun, sebuah penelitian membuktikan kita bahwa gen pun turut berperan dalam gangguan tidur tersebut.

Para peneliti dari Belanda mengidentifikasi bahwa adanya tujuh gen yang berhubungan dengan insomnia, yang artinya terdapat komponen biologis pada gangguan tidur tersebut.

Faktor Gen Turut Berperan dalam Gangguan Insomnia

Dikutip dari Metronews "Kami harap orang mulai menyadari bahwa insomnia bukan perkara banyak pikiran namun kerentanan biologis:.

Insomnia yang merupakan gangguan kesehatan paling umum biasanya dialami lebih dari satu orang dalam sebuah keluarga. Artinya, cukup besar kemungkinan ada dasar genetik.

Studi tersebut menganalisa DNA dari 113 ribu orang yang berusia sekitar 57 tahun. Para partisipan pun ditanyai mengenai seputar gangguan tidur di malam hari. Mere yang sering mengalami hal tersebut dikategorikan sebagai insomnia.

Para peniliti juga menemukan bahwa terdapat tujuh gen yang terlihat lebih umum pada mereka yang menderita insomnia, dimana ketujuh gen tersebut mengidikasikan seseorang memiliki peningkatan risiko terkenana gangguan tidur.

Salah satu dari gangguan tersebut adalah kelainan gerak ekstremitas periodik, sebagai kondisi dimana terjadi pergerakan berulang pada lengan dan kaki saat tidur.

Para peneliti juga mencatat bahwa ada beberapa tumpang tindih antara gen yang terkait dengan insomnia dan gen yang terkait dengan kondisi kesehatan mental lainnya, ceperti kecemasan, depresi, dan neurotisme.

Dikutip dari Metronews "Ini adalah temuan yang menarik, karena karakteristik ini cenderung berjalan seiring dengan indomnia. Kami sekarang tahu bahwa ini sebagian disebabkan oleh dasar genetik bersama".

(ASA)

Referensi : Metronews